Panduan





PANDUAN TOT PELAKSANAAN PERKULIAHAN BERBASIS

E-LEARNING BAGI DOSEN UNIVERSITAS LAMPUNG



Penguasaan E- Learning sebagai Langkah Penguatan Atmosfer Academik menuju  Top Ten University

Pusat Kurikulum dan Pengembangan Pembelajaran (PKPP)
Lembaga Pengembangan Pembelajaran dan Penjaminan Mutu (LP3M)
Universitas Lampung
2017
  1. LATAR BELAKANG

Sistem e-Learning adalah sistem pembelajaran era digital yang sudah seharusnya dikembangkan secara serius di perguruan tinggi untuk mengantisipasi perkembangan era Teknologi Informasi yang sangat pesat. Mengantisipasi kebutuhan pemanfaatan sistem e-Learning di dunia kampus, maka sosialisasi pemanfaatan dan pengembangannya menjadi hal penting untuk dikuasai khususnya oleh para dosen.  



E-Learning  adalah proses pembelajaran yang memanfaatkan teknologi IT (Information and Technology) yang memberikan solusi  dalam mengatasi masalah ruang dan waktu. E-Learning memberikan harapan baru sebagai alternatif solusi atas sebagian besar permasalahan pendidikan di Indonesia, dengan fungsi yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan, baik sebagai suplemen (tambahan), komplemen (pelengkap), ataupun substitusi (pengganti) atas kegiatan pembelajaran di dalam kelas yang selama ini digunakan.



Tersedianya  Infrastruktur yang telah memadai di kampus Unila, sistem aplikasi moodle untuk e-Learning yang telah terintegrasi pada sistem SIAKAD maka sudah sangat mudah bagi para dosen di Unila memindahkan konten-konten pembelajaran ke system e-Learning di web Unila. Untuk mempercepat keinginan tersebut maka pelatihan bagi para dosen unila menjadi sangat perlu untuk terus dilakukan hingga semua dosen di unila terbiasa dan telah memindahkan materi-materi pembelajaran  mereka ke media e-Learning.
Sejak tahun 2003, Unila sudah memulai membangun sistem E-Learning, meskipun pada saat itu infra struktur dan fasilitas bagi mahasiswa sangatlah terbatas. Namun sekarang semakin baiknya infra struktur pendukung teknologi  Informasi  yang dibangun di kampus Unila, semakin cepat dan luaslah penerapan pembelajaran modul e-learning oleh para dosen di seluruh Fakultas. Untuk itu penguasaan keterampilan dasar untuk membuat modul E-Learning sebagai bahan ajar semakin dibutuhkan oleh para dosen khususnya dosen muda di lingkungan Universitas lampung.
Para dosen muda yang direkrut Unila saat ini secara umum adalah generasi milenial yaitu generasi yang sangat familier dengan dunia IT. Mereka cukup kreatif kreaktif dan dinamis. Melihat potensi ini, Unila memberikan perhatian dan kesempatan dalam merespon dan mengejar perkembangan model pendidikan paling modern saat ini, yang sangat cepat berubah, dan mereka adalah aset universitas yang paling bisa diandalkan untuk mengikutinya.
Melihat Visi Unila kedepan untuk merebut posisi 10 besar universitas di Indonesia, dalam persaingan antar universitas yang semakin ketat dan dinamis, maka menjadi sangat penting untuk memandang pemanfaatan media IT dalam pembelajaran seperti e-learning pada website unila dan juga menjadi poin penting bagi peningkatan akreditasi universitas, maka PKPP LP3M menyelenggarakan TOT pelaksanaan perkuliahan berbasis e-learning untuk dosen di lingkungan Unila tahun 2017 atas biaya BOPTN.
Target TOT pelaksanaan perkulaihan berbasis e-learning ini adalah seluruh peserta dosen yang mengikuti TOT akan memiliki modul e-learning dari mata kuliah yang diampu dan dapat memanfaatkan sistem E-Learning yang sudah terintegrasi di SIAKAD Unila, serta mampu membelajarkannya kepada rekan sejawat di program studi/jurusan masing-masing.



B. DASAR KEGIATAN

  1. Undang-undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional
  2. Undang-undang Nomor 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen
  3. Keputusan Rektor Unila Nomor 58A/H26/2008 tentang Rencana Jangka Panjang Universitas Lampung
  4. Keputusan Rektor Unila Nomor, 114/H26/PR/2008 tentang Rencana Strategis Universitas Lampung
  5. Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 17 Tahun 2010 Tentang Pengelolaan dan Penyelenggaraan Pendidikan.
  6. Undang-Undang Nomor 12 Tahun 2012 tentang Pendidikan Tinggi
  7. Peraturan Presiden Republik Indonesia Nomor 12 Tahun 2012 tentang Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia.
  8. Peraturan Menteri Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi Republik Indonesia Nomor 44 Tahun 2015 Tentang Standar Nasional Pendidikan Tinggi.



C. TUJUAN

Tujuan TOT pelaksanaan perkuliahan berbasis e-learning: 1) Dosen dapat menghasilkan modul e-learning mata kuliah yang diampu sehingga meningkatkan proses pembelajaran dan mutu pendidikan yang memenuhi standar akreditasi nasional/internasional, 2) Dosen mampu membelajarkan kemampuan e-learning yang telah dimiliki kepada rekan sejawat di program studi/jurusan masing-masing.



D. MANFAAT

Akhir TOT pelaksanaan perkuliahan berbasis e-learning ini diharapkan peserta dapat;
  1. Mengusai  teknik penggunaan program Moodle untuk pembuatan modul e-learning, pada pada web site unila.
  2. Membuat secara baik modul e-learning mata kuliah yang diampu dan langsung dapat di akses oleh mahasiswa yang saat ini sedang mengambil mata kuliah berjalan.
  3. Menyadari besarnya manfaat E-Learning, Para dosen dan mahasiswa dapat mengoptimalkan proses pembelajaran, sehingga lebih banyak pengetahuan yang dapat disarap oleh mahasiswa dalam waktu yang lebih singkat.
  4. Mampu membelajarkan kemampuan e-learning yang telah dimiliki kepada rekan sejawat di program studi/jurusan masing-masing.

E. TEMA KEGIATAN

Kegiatan ini mengusung tema: “Penguasaan E Learning sebagai Langkah Penguatan Atmosfer Academik menuju  Top Ten University.


F. SASARAN

Sasaran kegiatan TOT perkuliahan berbasis e-learning ini adalah para dosen di Universitas Lampung yang tersebar pada 8 (delapan) fakultas yaitu: 1) Fakultas Hukum, 2) Fakultas Ekonomi, 3) Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, 4) Fakultas Pertanian, 5) Fakultas Teknik, 6) Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, 7) Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, 8) Fakultas Kedokteran.   



G. MATERI

Materi TOT pelaksanaan perkuliahan berbasis e learning meliputi:
  1. Kebijakan pengembangan Virtual Class di Perguruan Tinggi
  2. Pengembangan e Learning di Unila
  3. Pengenalan dasar sistem e Learning
  4. Input bahan kuliah e learning
  5. Membuat Tugas E Learning
  6. Membuat soal e Learning
  7. Best Practice
  8. Latihan/tugas/pembimbingan



H. METODE

Pelaksanaan TOT menggunakan  metode 30% teori dan 70% praktik.
Peserta langsung dibimbing agar dapat menggunakan fasilitas V Class yang tersedia pada Web Unila. Standar kelulusan didasarkan atas penilaian komponen-komponen sebagai berikut:
  1. Kehadiran
  2. Aktivitas kelas
  3. Tugas dan presentasi
Tugas akhir membuat materi e-learning sesuai dengan mata kuliah yang diampu pada web Unila.



  1. PELAKSANAAN

TOT Pelaksanaan Perkuliahan Berbasis  E-Learning, direncanakan akan dilaksanakan pada:
Hari : Senin-Jumat
Tanggal : 21-24 Agustus 2017
Tempat : Laboratorium Multimedia LP3M  Universitas Lampung.


J. HASIL DAN KOMPETENSI YANG DIHARAPKAN

Hasil dan Kompetensi yang diharapkan melalui kegiatan TOT perkuliahan berbasis e-learning adalah 1) dihasilkannya modul pembelajaran berbasis V-class pada web Unila, 2) Dosen mampu membelajarkan kemampuan e-learning yang telah dimiliki kepada rekan sejawat di program studi/jurusan masing-masing.


K. PERLENGKAPAN

Perlengkapan yang harus dibawa oleh peserta adalah Bahan Presentasi Perkuliahan.



L. TUGAS

Tugas yang harus diselesaikan oleh peserta TOT adalah 1) membuat Materi perkuliahan sesuai mata kuliah yang diampu pada V Class Unila, 2) Praktik membelajarkan e-learning kepada rekan sejawat.



M.  KETENTUAN

  1. Peserta diharuskan menyelesaikan tugas membuat materi kuliah V-class dalam waktu 2 hari selama workshop dibawah bimbingan pembimbing yang ditentukan oleh LP3M.
  2. Tugas harus dapat diakses pada web V-class unila, dan  menyerahkan laporan tugas kepada LP3M melalui petugas yang sudah ditunjuk, untuk mendapatkan tanda bukti penyerahan tugas.
  3. Tugas  dibuat dengan ketentuan sebagai berikut:
    1. Diketik: Kertas A4, Font Times New Roman dengan margin kiri 4, kanan 3, atas 3 dan bawah 3.
    2. Dijilid softcover warna sesuai dengan bendera fakultas
    3. Halaman judul
    4. Lembar konsultasi disertakan dalam Tugas
    5. Rangkap 2 (yang asli dikumpulkan, Fotocopy untuk dokumen pribadi/diparaf petugas).



N.  TATA TERTIB

Selama berlangsungnya kegiatan, para peserta diwajibkan:
  1. Hadir tepat waktu (30 menit sebelum acara dimulai)
  2. Menandatangani daftar hadir yang disediakan
  3. Selalu membawa materi pelatihan
  4. Mematikan nada dering telepon genggam di dalam ruangan pelatihan
  5. Dilarang menerima telepon didalam ruang pelatihan
  6. Tidak merokok di dalam ruang pelatihan
  7. Mengikuti seluruh acara pelatihan dengan aktif dan terti

O.  JADWAL KEGIATAN

Hari / Tanggal
MATERI
NARA SUMBER
Senin, 21 Agustus 2017 
08.00 – 08.30
Registrasi ulang peserta
Panitia
08.30 – 09.00
Pembukaan:
-Lagu Indonesia Raya
-Laporan Ketua LP3M: Prof. Dr. Ir. Murhadi, M.Si.
-sambutan sekaligus membuka kegiatan oleh REKTOR: Prof. Dr. Ir. Hasriadi Mat Akin, M.P.
09.00 – 10.00
Kebijakan Pengembangan E-Learning di Perguruan Tinggi
Prof. Dr. Bujang Rahman, M.Si.
10.00 – 10.15
coffee break
Panitia
10.15 – 12.00
Pendahuluan E Learning, pemanfaatan google drive
Agus Trisanto, Ph.D
12.00 – 13.00
Ishoma
Panitia
13.00 – 14.30
Pengenalan dasar sistem E Learning, pembuatan account e-learning di vclass.unila.ac.id
Gigih Fordanama S.T., M.T.
14.30 – 15.00
Coffee break
Panitia
15.00 – 16.00
Penggunaan Menu E Learning berbasis Moodle Program
Gigih Fordanama S.T., M.T.
Selasa, 22 Agustus  2017
08.00 – 10.00
Input bahan kuliah E learning
Gigih Fordanama S.T., M.T.
10.00 – 10.30
Coffee Break
Panitia
10.30 – 12.00
Input bahan kuliah E learning
Gigih Fordanama S.T., M.T.
12.00 – 13.00
Ishoma
Panitia
13.00 – 14.30
Membuat Tugas E Learning
Meizano Ardhi M., S.T., M.T.
14.30 – 15.00
Istirahat
Panitia
15.00 – 16.00
Membuat soal E Learning
Meizano Ardhi M. S.T., M.T.
Rabu, 23 Agustus 2017
08.00 – 10.00
Tugas membuat materi Kuliah
Gigih Fordanama S.T., M.T.
Memasukkan file Text
Memasukkan file Gambar,
10.00 – 10.15
Coffee break
Panitia
10.15 – 12.00
Memasukkan file video/audio
Gigih Fordanama S.T., M.T
link web site
12.00 – 13.00
Ishoma
Panitia
13.00 – 14.30
Praktek Pembuatan soal ujian
Meizano Ardhi M. S.T., M.T
14.30 – 15.00
Coffee break
Panitia
15.00 – 16.00
Lanjutan
Meizano Ardhi M. S.T., M.T

Kamis, 24 Ags 2017
08.00 – 12.00
Presentasi tugas para Peserta
Seluruh Narasumber, PKPP
12.00 – 13.00
Ishoma
Panitia
13.00 – 14.30
Lanjutan
Seluruh Narasumber, PKPP
14.30 – 15.00
coffee break
Panitia
15.00 – 16.00
Penutupan
Ketua LP3M



P. FASILITATOR

  1. Prof. Dr. Ir. Murhadi, M.Si.
  2. Prof. Dr. Lindrianasari, S.E., M.Si. Akt.
  3. Dr. Pujiati, M.Pd.
  4. Agus Trisanto, Ph.D.
  5. Dr. Tuntun Sinaga

Q.  CONTACT PERSON

Sekretariat TOT pelaksanaan perkuliahan berbasis e-Learning Universitas Lampung:  Pusat Kurikulum dan Pengembangan Pembelajaran (PKPP) LP3M Gedung rektorat Lt. 4. Telp: (0721) 701609 pswt 164 Email: lp3m@kpa.unila.ac.id Web: http://lp3m.unila.ac.id
Bandar Lampung, 3 Agustus 2017
Ketua LP3M Unila,



Prof. Dr. Ir. Murhadi, M.Si.

NIP 19640326 198902 1 001