Materi

Vclass.unila.ac.id adalah alamat server untuk pembelajaran jarak jauh berbasis TIK di lingkungan UNILA, penganti dari kuliah.unila.ac.id
E-Learning (Electronic-Learning) adalah metode pembelajaran yang memanfaatkan information technology and communication (ITC) atau teknologi komunikasi dan informasi untuk menyampaikan materi kuliah, forum, tugas, quis, ujian dan penilaian. Dengan menggunakan E-Learning ini diharapkan mahasiswa akan lebih mudah men-akses kegiatan perkuliahan dimana saja dan kapan saja.
Tutorial ini juga dapat diunduh dalam bentuk file di Tutorial Vclass

Berikut ini langkah demi langkah dalam pemanfaatan vclass/e-learning di Universitas Lampung:

1. Pendaftaran

klik atau copy paste ke browser link berikut ini : http://vclass.unila.ac.id/

maka akan muncul menu awal vlass seperti ini:

awal

kemudian klik login pada menu kanan atas, maka akan muncul sebagai berikut:

login

Karena Vclas ini sudah sinkron dengan login untuk akses internet diunila maka :

isikan Username dengan login untuk akses internet di UNILA (umumnya nama lengkapnya, kalau terdiri dari dua kata ditambah titik, contoh agus.trisanto )

isikan Password dengan password untuk akses internet di UNILA (umumnya password untuk BKD ditambah unila contoh: bkdunila)

setelah menyisikan username dan password kemudian mengklik login maka akan muncul tampilan sebagai berikut:

masuk

Untuk membuat atau menambah mata kuliah : klik dibagian Site administration (menu kiri bawah, seperti petunjuk pada gambar diatas),

(Perhatian menu penambahan fungsi Site administration agar bisa membuat/menambah mata kuliah/course menunggu konfirmasi dari PUSKOM)

Menunggu …untuk konfirmasi PUSKOM agar bisa menambahankan mata kuliah……..

……

2. Menambah Mata Kuliah

jika sudah dikonformasi PUSKOM maka kita dapat membuat/menambahkan mata kuliah, seperti tampilan berikut ini:

daftar

klik pada bagian Add a new course untuk membuat/menambahkan mata kuliah, maka akan muncul sebagai berikut:

add

tampilan diatas memperlihatkan tampilan edit course settings atau membuat nama mata kuliah dan deskripsinya, isi kan semua/wajib diisi yang bertanda bintang merah (* )

contoh yang sudah di isi seperti berikut ini:

deskripsi1

Course full name* isikan dengan nama mata kuliahnya

Course short name* isikan dengan singkatan mata kuliahnya

Course category : pilih fakultas nya

visible : pilih show / dapat terlihat

Course start date : pilih tanggal mulai kuliah

Course ID number : isikan kode mata kuliahnya

Setelah mengisikan data diatas selanjutnya bisa di tuliskan deskripsi mata kuliahnya/ boleh tidak diisi, berikut ini contoh isian deskripsi mata kuliah, dalam format HTML

deskripsi2

Pada deskripsi mata kuliah bisa ditambahkan gambar,link, dll, seperti berikut ini:

deskripsi3

setelah selesai menuliskan deskripsi langkah selanjutnya adalah mengatur jumlah pertemuannya klik pada bagian Course format, seperti tampilan berikut ini:

courseformat

tampilan diatas memperlihatkan menu Course format,

Format : dengan Weekly format ( umumnya mengunakan metode pertemuan mingguan, materi berdasarkan pertemuan mingguan ) atau bisa juga

Topic ( materi berdasarkan topik perkuliahan)

Number of sections : dengan jumlah pertemuan dalam satu semester atau kalau di pilih topic berapa materi topik yang akan diberikan dalam satu semester

setelah mengisikan format isian klik pada bagian bawah tengah Save changes savechange

courseformat2

maka akan muncul tampilan sebagai berikut:

weekly

tampilan diatas memperlihatkan banyaknya pertemuan sebanyak 16 kali sesuai apa yang telah diatur yaitu berdasarkan jadwal weekly/mingguan, namun masih dalam mode off (tidak dapat diedit)

untuk menambahkan materi klik dibagian kanan Turn editing on turneditingon maka muncul tampilan mode on (mode dapat di edit), seperti gambar dibawah ini perhatikan pada menu kanan Turn editing on berubah menjadi Turn editing off turnoff

ket-pertemuan

untuk merubah tanggal pertemuan dengan judul pertemuan atau untuk menambah keterangan dapat dilakukan dengan men-klik pada bagian bahwa tanggal

yang berbentuk roda gigi, seperti keterangan tampilan diatas, maka akan muncul tampilan sebagai berikut : tulis Summary untuk menampilkan summary,

weekly1

kemudian klik Save changes savechange maka akan muncul tampilan sebagai berikut:

weekly3

demikian pengisian format pertemuan mingguan / weekly,

jika ingin merubah pertemuan dalam format topic maka akan muncul tampilan sebagai berikut:

topik

untuk menambahkan atau merubah judul Topic klik pada bagian roda gigi seperti keterangan diatas (pada format weekly)

 

3. Menambahkan Materi

Setelah selesai mengatur jadwal pertemuan mingguan atau per topik bahasan, langkah selanjutnya adalah mengisi Materi yang akan disampaikan pada setiap pertemuan mingguan atau pada setiap topik bahasan, caranya adalah dengan memiliki activity atau resource apa yang akan diberikan, klik pada bagian +Add an activity or resource

add-resource

maka akan muncul tampilan sebagai berikut:

addresourse

selanjutnya adalah mengisi RESOURCES.

a. Book

Resource book adalah semacam sumber buku bacaan pada pertemuan tanggal tersebut:

klik pada pilihan Book, maka akan muncul keterangan tentang Book

Module book memungkinkan pengajar untuk membuat format seperti buku dimana ada bab dan subbab nya

book

kemudian klik Add maka akan muncul tampilan sbb:

buku1

kemudian klik Save and display maka akan muncul tampilan sebagi berikut:

buku2

tuliskan judul bab: Chapter title* , dan Content*, jika sudah disini maka tampilan Book seperti gambar dibawah ini:

buku3

demikianlah resource book, silahkan dimanfaatkan sesuai kebutuhannya.

b. File

Untuk menambah sumber materi kuliah/resource File, sama seperti diatas hanya pada saat pilihan resource dipilih File, seperti gambar berikut ini:

pilihan ini memungkinkan menambah sumber bahan ajar berbentuk file/ resource file seperti file PDF, file PPT, file Excel dll

file

klik pada bagian Add maka akan muncul tampilan sebagai berikut:

file2

klik + Add… untuk meng-upload difile ke server,

file3

klik Browser untuk memilih difile yang akan diupload ke server dari komputer, seperti tampilan berikut :

pilihfile1

jika sudah di pilih, upload file maka muncul tampilan seperti ini:

file5

jika sudah ter upload maka klik Save and display saveandisplayuntuk menyimpan dan melihat hasilnya

Jika diklik file yang sudah diupload tersebut maka file secara otomatis akan didownload,

file6

c. Folder

untuk menambah Folder, sama seperti contoh diatas pilih bagian Folder, (sama seperti resource file, pilihan Folder lebih memungkinkan ditambahkan beberapa file)

folder

folder1

membuat Folder klik Create folder

folder4

d. Page

untuk menambah halaman/Page, pilih pada bagian Page ( page berbentuk halaman HTML/WEB Page, bisa ditambahkan gambar, text, suara, video, web link, code dll)

 

page

untuk menambahkan page klik Add, maka akan muncul tampilan seperti gambar dibawah ini:

page2

Isikan keterangan page seperti contoh diatas, Name* (wajib diisi, nama page nya), Description* (wajib diisi, dikripsi pagenya)
dan yang terakhir Page content* (wajib diisi, berisi halaman/page yang akan dibuat dengan menggunakan format HTML),

contoh pengisian page dapat dilihat dibawah ini:

page3

web page dapat diisi dengan gambar, video, suara maupun program yang berbasis java,

ket-page

bagaimana membuat web page, sintak apa saja yang dapat di masukan dapat dilihat/dipelajari di:

http://www.w3schools.com/

e. Link

Bahan ajar dapat juga merujuk pada alamat web tertentu, untuk itu bisa ditambahkan dalam resource ULR, pilih ULR,

url

tambahkan ULR (rujukan alamat web) dengan men-klik Add, maka muncul tampilan sebagai berikut: (isikan semua yang bertanda bintang * )

ulr1

klik Save and display saveandisplay maka akan muncul tampilan sebagai berikut:

ulr2